Selasa, 10 September 2013

Tari Pendet

Coba tebak yang manakah saya ? :) yups betul sekali, saya nomer dua dari depan yang berlesung pipit itu. cantik kan ? hahaha Eits tapi tenang, disini saya tidak akan membahas kecantikan saya :D *narsis*. Saya akan membahas tariannya, sebuah tarian yang berasal dari pulau Dewata Bali yang pasti kalian semua tidak asing lagi, ya TARI PENDET. 'Pada awalnya Tari Pendet merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Namun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung unsur yang sakral dan religius'. Tarian yang bersifat dinamis ini biasa ditarikan secara berpasangan maupun kelompok dan merupakan tarian yang cukup mudah untuk dipelajari oleh siapapun baik laki-laki maupun perempuan. Beberapa waktu yang lalu sempat kita ketahui tentang kontroversi Tari Pendet yang muncul di stasiun televisi negara tetangga kita (pasti kalian semua sudah tau). Negara tersebut membawa-bawa Tari Pendet kedalam iklannya yang berjudul Visit*sensor*. Hal tersebut memicu api amarah masyarakat kita Indonesia khususnya masyarakat Bali. Tidak kita ketahui alasan mengapa Tari Pendet masuk kedalam iklan tersebut. Namun pihak negara tersebut mengaku tidak bertanggung jawab atas munculnya Tari Pendet dikarenakan pembuat iklan tersebut bukan negara tersebut melainkan chanel negara lain. Dan pada akhirnya chanel negara lain tersebut mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada kedua negara ini. Pesan saya, jangan sampailah hal tersebut kembali terulang, ya walaupun itu bukan kesalah dari negara kita Indonesia. Tapi alangkah baiknya jika kita sebagai warga negara yang mencintai Tanah Air ini, kita dapat menjaga budaya-budaya kita dengan cara mempelajari tarian tersebut. SAVE OUR CULTURE !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar